Home » » Mengapa Harus BlackBerry

Mengapa Harus BlackBerry


Mungkin banyak diantara kita yang berpikir, “Ngapain sih harus pake BlackBerry segala? Sama aja kok cuma buat nelpon ama SMS!”. Pemikiran seperti itu wajar bagi orang-orang yang belum mengenal dan memahami fungsi dari sebuah BlackBerry. Namun sebetulnya BlackBerry memiliki banyak kelebihan dibandingkan handphone biasa. Mungkin setelah membaca tulisan ini, orang awam dapat lebih memahami kenapa seseorang memilih untuk menggunakan BlackBerry sebagai mobile phone-nya. Saya akan menjelaskan beberapa kelebihan/keunggulan BlackBerry berdasarkan fitur-fitur dari BlackBerry, dan juga dari apa yang saya rasakan:
Koneksi Internet Tanpa Henti.
Jika anda sebelumnya menggunakan handphone biasa yang memiliki fasilitas internet, mungkin anda mengakses internet dari handphone anda pada saat anda butuhkan saja. Jika anda tidak sedang menggunakan internet, biasanya anda akan menghentikan koneksi internet. Alasannya? Pulsa dan baterai. Menggunakan BlackBerry artinya anda memegang sebuah mobile phone, dengan koneksi internet yang selalu tersambung. Yang anda harus lakukan adalah membayar BIS (BlackBerry Internet Service), maka anda akan mendapatkan koneksi internet ditangan anda yang bisa anda bawa kemana-mana.
Layanan Push Email
Dengan layanan push email, maka menerima dan mengirim email semudah anda menerima dan mengirim SMS. Artinya, ketika ada email masuk ke inbox email anda, BlackBerry anda akan berbunyi, email tersebut sudah berada di folder Message BlackBerry anda. Tidak perlu buka browser, log in, log out, dan lain sebagainya. Jadi jika ada orang yang mengirim email ke anda, anda bisa membalasnya saat itu juga. Tidak lagi ada istilah “Sorry, baru check email nih!”. Begitu pula saat anda hendak mengirim email, cukup klik menu, Compose New Email, ketikkan alamat email, ketikkan judul, ketikkan isi email, dan Send. Semudah mengirim SMS bukan?
Application For BlackBerry
Saat ini banyak software ataupun situs-situs internet yang membuat aplikasi khusus untuk BlackBerry. Misalnya Facebook dan Twitter. Anda bisa mengakses dan mengontrol situs tanpa harus membuka browser. Saya ambil contoh aplikasi Facebook. Dengan menginstall aplikasi Facebook for BlackBerry, maka tanpa harus membuka browser anda bisa meng-update status, memberikan comment, add friend, send message, upload foto, dan lain sebagainya. Dan yang terpenting, realtime notification. Artinya ketika ada aktifitas pada Facebook anda (misalkan ada teman anda mengirim message, menulis di wall anda, atau meng-add anda) maka saat itu juga BlackBerry anda akan segera berbunyi memberi tahu anda. 
Instant Messaging
Pengguna internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan Yahoo Messenger, ICQ, dan aplikasi-aplikasi chat lainnya. Dengan BlackBerry, anda bisa menginstall aplikasi tersebut, log in, dan anda akan online 24 jam non-stop! Selain itu, BlackBerry juga menyediakan BBM (BlackBerry Messenger), yaitu aplikasi Instant Messaging khusus bagi para pengguna BlackBerry. BBM akan terus aktif semenjak anda install (tidak ada log out). Jadi jika keluarga atau rekan anda sama menggunakan BlackBerry, maka anda tidak perlu menggunakan SMS lagi, cukup gunakan BBM. Tidak perlu lagi membayar pulsa setiap mengirim pesan, tidak ada lagi pembatasan 160 karakter huruf, tidak ada lagi hitungan rupiah/kilobytes jika anda mengirim foto/musik/video. Semuanya gratis karena BBM menggunakan koneksi internet.
Data Loss Prevention
BlackBerry dapat menyimpan data anda meskipun baterainya dicabut. Ketika baterai kembali dipasangkan, maka semua data di BlackBerry anda akan tetap tersimpan.
Security
BlackBerry menggunakan data encryption 128 bit, sehingga membuat kemungkinan disadap sangat kecil. Selain itu, tidak sembarang aplikasi dapat diinstall ke BlackBerry, semuanya harus signed oleh RIM (Research In Motion), sehingga BlackBerry anda aman dari virus ataupun spyware.
Automatic Internet Configuration
Anda tidak perlu repot setting koneksi internet di BlackBerry anda. Anda cukup membayar BIS (BlackBerry Internet Service), maka secara otomatis setting internet di BlackBerry and` sudah tersetting secara otomatis. Jadi, pay it and use it!
Well, yang saya tulis diatas adalah merupakan beberapa saja dari keunggulan sebuah BlackBerry dibandingkan dengan handphone biasa. Masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya yang belum saya tulis atau belum saya ketahui.
Semoga tulisan ini menjadi sebuah gambaran bagi anda yang hendak membeli sebuah BlackBerry, dan menjadi pencerahan bagi anda yang selama ini menganggap BlackBerry hanya sebagai alat untuk check Facebook dan pendongkrak penampilan.
Semoga bermanfaat!