Voice MailBox / Pesan Kotak Suara

Voice mailbox merupakan fasilitas untuk mengalihkan panggilan ke kotak suara dalam kondisi tertentu, misal ketika henpon mati/nosignal, sedang melakukan panggilan, maupun tanpa kondisi artinya semua panggilan langsung dialihkan ke mailbox. Sistem akan menyimpan rekaman tersebut kemudian memberikan notifikasi kepada user bahwa yang bersangkutan menerima pesan suara serta instruksi untuk memutarnya.

Sayangnya disini jarang sekali yang memanfaatkan fitur ini. Kebanyakan orang langsung mematikan telepon ketija masuk ke mailbox. Begitu pun orang yang menerima mailbox jarang sekali yang memutarnya. Kebanyakan orang merasa rugi karena memotong pulsa dan tidak ada (baca: tahu) manfaatnya. Saya sendiri termasuk golongan orang yang suka gemes jika terjebak mailbox, abis.. blm bicara apa2 dah kena pulsa.

So, berikut ini adalah daftar kode/perintah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mailbox untuk operator seluler di Indonesia.

XL (bebas, jempol, xplor)
mengaktifkan: *818#
menonaktifkan: #818#
chek: *#818#

TELKOMSEL (simpati, halo)
mengaktifkan: *222#
menonaktifkan: #222#
chek: *#222#
sampai artikel ini ditulis kartu as belum ada layanan voice mailbox. cmiiw

INDOSAT GSM (mentari, im3, matrix)
menonaktifkan: call customer service di 300 kemudian minta supaya voice mailboxnya dimatikan.

INDOSAT CDMA (starone)
mengaktifkan: *68122
menonaktifkan: *680
kurang lebih sebulan sebelum artikel ini ditulis, indosat menambahkan fitur voice mailbox tersebut pada star one.

TELKOM FLEXI
Pengalihan tanpa kondisi:
mengaktifkan: *51
menonaktifkan: *510
Pengalihan ketika sibuk/mati:
mengaktifkan: *52
menonaktifkan: *520
supaya perfek tak masuk mailbox, lakukan penonaktifan semuanya.

MOBILE-8 (fren)
idem dengan flexi

ESIA
mengaktifkan : *922
menonaktifkan : *100
(thanks for oepriet)

3 (three)
mengaktifkan: *100#
menonaktifkan: #100#
(update 27/08/2007)



AXIS
kemudian jawab 1 (voice mail)
kemudian jawab 2 (unregister)





Sumber

Categories: ,