Home » , » Fungsi dari !DOCTYPE

Fungsi dari !DOCTYPE

Saat gue bukak Dreamweaver dan mau mbuat html maka akan keluar


Dari sinilah gue penasaran apa mannfaat dari !doctype itu,  setelah Browsing-browsing , gue nemuin halaman di internet dengan di situs diskusiweb Salah satu pernyataanya sebagai berikut:




  • DOCTYPE adalah suatu deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut.

Dan ini

adalah jenis XHTML Strict 1.0 yang mana dokumen dengan deklarasi tersebut kode HTMLnya akan diperlakukan dengan sangat ketat sesuai dengan rekomendasi dari W3C.


Dilain pihak element tabel berdasarkan rekomendasi dari W3C hanya digunakan untuk menampilkan data terstruktur bukan untuk mengatur tampilan dari dokumen. 

Hal ini lah yang kemudian menyebabkan di Mozilla tidak ditampikan sesuai dengan seharusnya. 


Dan mengapa di IE tidak bermasalah, karena browser ini terutama untuk versi 6 kebawah tidak mengikuti aturan dari w3C (Mungkin di IE 7 akan ditampilkan seperti pada mozilla, karena mulai versi ini telah mengikuti aturan standard).


Idealnya dalam mendesain web pertama kali menggunakan Mozilla kemudian baru ke IE dan apabila ada kesalahan dapan diperbaiki dengan "conditional comment". 


Solusi termudah dari masalah diatas adalah menganti deklasari DOCTYPE dengan DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd", yang mana pada tipe deklarasi ini tidak mengikuti aturan standard. 


Tetapi saya merekomendasikan untuk mengganti struktur dokumen secara keseluruhan (bisa menggunakan tag div untuk menggantikan tag table dan kemudian menggunakan CSS untuk mengatur tampilan dari dokumen).

http://www.alistapart.com/articles/doctype/




dan comment